Selasa, 03 Mei 2011

KPSP Setia Kawan Nongkojajar


Koperasi Peternakan Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan Nongkojajar merupakan koperasi terbesar di Provinsi Jawa Timur. Hasil utamanya adalah Susu Sapi segar. Berada di lereng sebelah barat Pegunungan Tengger di ketinggian 400-2000 m, wilayah kerja KPSP Setia Kawan meliputi 12 desa yang termasuk pada Kecamatan Tutur Nongkojajar.
Peternakan sapi perah di wilayah ini telah ada sejak tahun 1911 yang dilakukan oleh orang-orang Belanda yang berdomisili di Nongkojajar. Pada mulanya, tujuan pemeliharaan sapi perah ini untuk mencukupi kebutuhan susu segar bagi orang-orang Belanda. Namun, lama-kelamaan usaha ini mulai berkembang dikalangan penduduk lokal.
Pada awalnya peternak mengalami kesulitan karena sebagian besar adalah pengusaha mixfarming yang tidak memungkinkan untuk memasarkan sendiri-sendiri, selain itu juga sifat susu yang sangat mudah rusak. Pemanfaatan produksi susu, baru dirintis pada tahun 1959,  oleh seorang Mantri Hewan yaitu Bapak Atim , dengan wilayah pemasaran ke Lawang dan Malang
Belajar dari kesulitan tersebut, di awal tahun 1960, para petani bergabung dan membentuk wadah bersama yaitu koperasi, dengan tujuan awal :
  • Penghasil Pupuk yang diperlukan dalam bertanam sayur-mayur
  • Sebagai simpanan dan diharapkan bisa berkembang biak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar