Selasa, 03 Mei 2011

L-vira Kebun Stroberi dan Pepino Nongkojajar

Stroberi yang sudah masak dan bisa dipetik langsung

Stroberi yang barusan dipetik
Stroberi ini sangat manis. Kalau Anda pintar memilih, pilihlah yang ekor atau bagian bawah stroberi berbentuk bulat. Buahnya juga lebar dan tidak lonjong. Stroberi seperti itu yang manis dan merupakan unggulan.
Seperti janji kami sebelumnya, kami meng-upload foto-foto kebun stroberi L-vira terbaru dimana terdapat tanaman buah pepino yang ditanam di sela-sela stroberi. Di atas lahan seluas 3000 meter persegi ini, pepino yang ditanamnya tumbuh sehat dan kuat.
Hampir tiap hari, Yulianto memanen stroberi maupun pepinonya.  Walau terkadang panen hanya sedikit, namun Yulianto selalu mensyukuri semua yang Tuhan berikan padanya. “Dikasih sedikit, ya disyukuri. Saya tidak menuntut banyak. Bersyukur saja”, ungkapnya bijak.
Pepino di antara buah stroberi
Buah pepino yang berukuran besar-besar

Stroberi dan pepino yang berdampingan
Yulianto juga rajin menyiangi dan mengairi kebun stroberi dan pepinonya. Kalau Anda datang jam enam pagi, pria yang juga memiliki warung bakso depan kebun stoberinya ini sedang sibuk mengalirkan air dari penampungan air di dekat kebun buah pepino dan stroberinya. Air bersih di Nongkojajar sangat sejuk dan segar.

Bak penampungan yang mengalirkan air ke kebun stroberi dan pepino
Dengan ketinggian kurang lebih 2000 meter di atas permukaan laut dan suhu berkisar 18-23 derajat Celcius, Nongkojajar menjadi tempat yang potensial untuk menanam berbagai macam jenis buah dan sayuran juga bunga.
Saat ini stroberi dan pepino milik Yulianto sudah dipasarkan ke Malang, Sidoarjo, Surabaya dan daerah sekitarnya. Pengunjung yang sering datang untuk melihat dan berwisata agro kesini biasanya suka memetik langsung buah-buah  tersebut dan dapat langsung dimakan.
Kini Yulianto sedang menambah areal lagi seluas 2500 meter persegi di lokasi lain untuk mengembangkan stroberi dan pepinonya.

1 komentar:

  1. sayang semua artikelnya tidak menginformasikan rute atau perkiraan lokasi.

    BalasHapus