Selasa, 03 Mei 2011

PT.Condido Agro Tutur Nongkojajar

1. Sejarah
    
    Condido Agro didirikan pada tahun 1997 di desa Tutur, kecamatan Tutur/Nongkojajar, kabupaten Pasuruan dengan bidang usaha budidaya tanaman hias. Salah satunya adalah bunga potong krisan, yang pada tahun 2001 dibuka kemitraan dengan petani  untuk memulai usaha yang sama.

Semakin banyaknya petani yang terlibat dalam budidaya bunga potong krisan menyebabkan permintaan bibit terus meningkat, sehingga mereka harus mencari ke luar daerah, seperti di Jawa Barat. Hal ini menyebabkan bibit yang diterima petani mempunyai kualitas yang beragam dan waktu pengiriman yang tidak sesuai jadwal. Akibatnya waktu panen tidak menentu.

Melihat kondisi ini, maka pada tahun 2002 Condido Agro mulai mendirikan laboratorium kultur jaringan  dengan fokus memproduksi bibit krisan,  yang dalam perkembangannya juga memproduksi bibit Gerbera, Lily, Calla Lily, Leather leaf, dan Anthurium andreanum.

Laboratorium kultur jaringan Condido Agro didukung oleh tenaga ahli dari belanda (melalui program PUM / NMCP; The Netherlands Management Cooperation Programme) yang berpengalaman di berbagai perusahaan kultur jaringan international di Belanda, Polandia dan Suriname sehingga bibit yang diproduksi mempunyai kualitas seperti yang dihasilkan negara-negara tersebut.

2. Fasilitas
 Laboratorium kultur Jaringan
Laboratorium kultur Jaringan Condido Agro digunakan untuk memproduksi planlet Krisan, Carnation, Lily, Calla lily, Leather leaf, Cymbidium, Hydrangea dan Strawberries Disamping itu, juga melayani jasa penelitian untuk kultur jaringan tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara biasa.
  1. Nursery pembibitan krisan
  2. Greenhouse untuk produksi bunga potong krisan dengan kapasitas 100.000 tangkai per bulan.
  3. Greenhouse untuk produksi bunga pot dengan kapasitas 10.000 pot per bulan dengan sistem irigasi tetes
  4. Lahan gerbera seluas 2 ha
  5. Lahan aklimatisasi tanaman koleksi yang disesuaikan dengan dengan habitat pertumbuhan tanamannya. Lahan berada di tiga lokasi dengan ketinggian tempat yang berbeda, yaitu: 5 ha pada ketinggian 0 - 200 mdpl, 2 ha pada ketinggian 900 - 1000 mdpl dan 3000 m2 pada ketinggian 1800 mdpl
3. Produk

    1. Bibit Bunga
    2. Bunga Krisan
    3. Kelinci Hias
    4. Stroberi
    5. Bibit Kentang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar